free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Minggu, 21 Februari 2010

Tidur itu penting

Tidur adalah bagian alami dari kehidupan semua orang. seperti diet dan olahraga, tidur sangatlah penting bagi pikiran dan tubuh kita agar dapat berfungsi secara normal.

Selama kita tertidur banyak organ tubuh terus bekerja secara aktif. Beberapa bagian dari otak akan meningkatkan aktivitasnya secara dramatis, dan siistem kelenjar tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon tertentu.

Bahkan, tidur tampaknya merupakan suatu bagian hidup yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita.

Bagaimana proses kita bisa merasa mengantuk ?
Salah satu dari kita pasti pernah bertanya-tanya atau bahkan terlintas di pikiran kita tentang pertanyaan ini. “bagaimana tubuh kita mengetahui kapan saatnya kita akan tidur ?? “
Menurut penelitian para ahli, kita sebenarnya memilki jam biologis yang akan memberikan isyarat kepada tubuh kita kapan saaatnya kita akan mulai tidur dan kapan saatnya kita harus bangun.

Jam biologis ini sangat sensitive terhadap cahaya dan suasana di siang hari.

Itulah sebabnya jika kita memiliki jam tidur yang teratur merupakan suatu hal yang sangat penting. Pada saat yang bersamaan pembawa pesan kimia yg disebut adenosine akan berkurang karena tubuh kita sibuk menggunakan energy. Jika otak memproduksi banyak adenosine,maka kita akan merasa mengantuk.

Jumlah adenosine yg berlebihan di dalam otak akan membuat otak kita memerintahkan tubuh kita untuk beristirahat atau mulai merasa mengantuk.

Banyak orang-orang bertanya sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk tidur ?

karena ada orang yang beranggapan bahwa mereka hanya perlu 5-6 jam perhari untuk tidur ada yang beranggapan 10-11 jam waktu yang diperlukan untuk tidur agar kita merasa lebih segar.

Kebutuhan tidur manusia sangat bervariasi, setiap orang memiliki kebutuhn tidur yang berbeda-beda,namun kebutuhan tidur untuk orang dewasa yang baik adalah rata-rata 7-8 jam perhari.

Untuk bayi yang baru lahir siklus bangun tidurnya sangat tinggi ( sering) dan merata selama 24 jam mereka biasanya akan tidur selama 3-4 jam dan kemudian bangun selama 1-2 jam dan kemudian kembali tertidur dengan rata-rata waktu yang sama.

Untuk bayi biasanya mereka memerlukan waktu 16 jam perhari untuk tidur.

Ketika bayi memasuki tahun pertama biasanya mereka akan menghabiskan waktu 10 – 12 jam perhari untuk tidur dan biasanya lebih banyak pada malam hari dan beberapa jam pada saat siang hari dan sore hari.

Pada saat memasuki usia 4-5 tahun mereka biasanya akan tidur teratur pada malam hari selama 11-12 jam dan 1 jam pada siang harinya. Memasuki usia 6-9 tahun mereka akan menghabiskan waktu 10 jam perhari, kemudian ketika berumur 10 – 12 tahun akan menghabiskan 9 jam perhari dan menjelang masa remaja mereka akan menghabiskan 8-9 jam perhari untuk tidu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

zodiak

Zodiak
Zodiak dan shio
year
Month
Day
Sun Sign:
Chinese Sign: