free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Jumat, 26 Maret 2010

Rempah Aromaterapi dan Fungsinya


Berbagai jenis minyak alami berikut ini sangat popular karena manfaatnya. Bingung memilih aroma yang tepat sesuai kebutuhan ? anda bisa membeli minyak yang merupakan gabungan bermacam aroma berdasrkan manfaatnya, jadi tak perlu mencari dan menentukan sendiri campuran yang tepat untuk kebutuhan anda.

Walaupun menyenangkan, sebaiknya aromaterapi tidak digunakan secara berlebihan karena bisa menjadi racun bagi tubuh, apalagi bila menggunakan minyak esensi murni secara sembarangan. Dan bila anda sedang hamil, memiliki penyakit ayan, atau tekanan darah tinggi, berkonsultasilah dahulu pada seorang aromateraphist.

Aromaterapi pada dasarnya memang tidak memiliki persyaratan khusus apabila digunakan,namun tidak semua aromaterapi cocok untuk semua orang . berikut ini, beberapa rempah aromaterapi dan fungsi yang mungkin bisa anda pilih.
Basil atau Kemangi : aroma rempahnya bisa membantu konsentrasi dan meningkatkan gairah hidup. Sesuai dengan aroma lemon, bergamot, dan bunga-bungaan.

Bergamot : beraroma bunga. Mengurangi rasa takut dan stress, mengurangi rasa nafsu makan dan merokok. Dapat dikombinasikan dengan lavender, neroli, dan minyak citrus.
Champor : aromanya yang tajam dapat mengurangi nafsu seks. Bisa digunakan sebagai minyak anti serangga. Padukan dengan berbagai minyak rempah.
Chamomile : aromanya segar dan menenangkan.dapat dicampur dengan patchouli, citrus, dan jasmine.
Cedarwood : aromanya membuat ruangan terasa hangat dan nyaman. Mengendurkan otot-otot yang tegang dan baik untuk mengurangi selulit
Citronella : gunakan dalam ruangan untuk mengusir nyamuk.
Coriander : baikuntuk sakit kepala dan depresi karena aromanya yang segar. Dalamjumlah banyak dapat membuat tidur. Kombinasinya adalah jasmine, bergamot, sage, dan rempah-rempah.
Cypress : merangsang peredaran darah.gunakan untuk massage di daerah selulit.
Eucalyptus : beraroma kayu dan segar. Dapat menyembuhkan luka, menurunkan panas, dan mencegah infeksi. Eucalyptus dan dicampur dengan lavender, thyme dan pine.
Frankicense : aromanya merupakan campuran kayu dan mint dan pengaruhnya menenangkan. Bisa dikombinasikan dengan basil, neroli, vetiveer,dan pine
Geranium : beraroma bunga-bungaan. Teteskan pada air mandi anda untuk menghilankan depresi. Gunakan juga untuk masalah selulit dan rasa sakit saat menstruasi.
Jasmine : aromanya yang menyegarkan sesuai untuk massage dan mandi berendam. Baik untuk kulit yang sensitive.
Juniper : minyak beraroma mentol ini merangsang peredaran darah. Kombinasikan dengan cypress, lavender, dan aroma kayu-kayuan.
Lavender : aroma yang paling popular. Aroma bunganya yang lembut bersifat menenangkan. Bisa digunakan bersama sage, geranium, neroli, dan lemon.
Lemon : aromanyamenyegarkan dan mampu menghilangkan stress. Sesuai dengan lavender, neroli dan rempah-rempah.
Mint : beraroma segar dan bersih. Menghilangkan sakit kepala. Paduannya adalah eucalyptus, lavender, dan rosemary.
Neroli : meningkatkan gairah seks dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Aroma ini popular dipakai untuk facial pada wajah yang lelah.
Patchouli : membuat tubuh sangat rileks. Bisa dikombinasikan dengan bergamot, vetiver, dan lavender.
Pine : bersifat antiseptic dan antibiotic . Menghilangkan gejala-gejala pilek dan demam.
Rose : keharuman mawar yang hangat dapat mengendurkan syaraf yang tegang. Bisa dipadukan dengan bergamot, patchouli,sandalwood, lemon,dan jasmine.
Rosemary : menghilangkan sakit kepala dan menyegarkan pikiran. Popular digunakan untuk facial.
Sage : aromanya lembut dan musky. Dapat dikombinasikan dengan bergamot,sandalwood, lemon, dan jasmine.
Sandalwood : beraroma kayu dan dapat merangsang nafsu seks. Gunakan bersama frankincense, ylang-ylang, rose dan jasmine.
Ea tree oil : bersifat antiseptic dan anti jamur. Melindungi anda dari demam, pilek dan ketombe.
Ylang-ylang : beraroma bunga yang sensual. Bersifat menenangkan, baik bagi penderita insomnia. Dapat dipadukan dengan sandalwood, vetiver, neroli dan jasmine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

zodiak

Zodiak
Zodiak dan shio
year
Month
Day
Sun Sign:
Chinese Sign: