free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Jumat, 26 Maret 2010

SEHAT DENGAN SEPATU TEPAT

Olah raga memang bisa bikin tubuh kita sehat dan bugar tapi tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar dan menggunakan peralatan atau perlengkapan yang tepat.Karena itu , sepatu jadi salah satu pendukung penting. salah pakai sepatu olahraga bisa bikin cedera.

PILIH YANG PAS
Model biasanya jadi pertimbangan utama saat akan membeli sepatu . tapi model oke ukuran nggak pas dengan kaki kita, dijamin olah raga nggak bakal jadi nyaman. Cara menentukan ukuran yang pas adalah saat di dalam sepatu jari-jari kaki kita tetap bisa bergerak. Minimal jarak antara ujung jari dengan ujung jari bagian dalam sepatu 1 cm. waktu mencoba, menggerakan jari-jari kaki kita. Kalau sampai mentok, itu berarti ukuran sepatu masih sempit untuk kaki kamu.
Namun kalo kita sering kram atau kesemutan , pilih ukuran sepatu setengah nomor lebih besar dari biasanya. Jangan lupa juga gunakan kaus kaki untuk olah raga untuk menghindari lecet-lecet pada kaki.
Selain itu saat mencoba sepatu olahraga, jangan hanya melakukan gerakan berjalan. Coba lakukan beberapa gerakan dasar yang biasa dilakukan dalam olahraga, seperti melompat atau menjinjit.

STRUKTUR & BENTUK TELAPAK KAKI
Dalam memilih sepatu , ada hal lain yang tidak kalah pentingnya. Yaitu struktur dan bentuk sepatu yang harus pas dengan telapak kaki kita. Ada tiga jenis telapak kaki : telapak kaki datar , normal, dan melengkung.
Coba celupkan telapak kaki ke dalam air , lalu jejakkan di atas kertas cokelat. Maka kita akan bisa melihat bentuk telapak kaki kita, dan bisa menentukan jenisnya. Jika jejak telapak kaki kita terlihat penuh itu berarti jenis kaki kita adalah kaki datar,sebaliknya, jika jika jejak kaki kita hanya terlihat lengkungan pada jejak kaki bagian dalam , itu berarti jenis kaki kita adalah kaki melengkung. Kalau jejak kaki yang tampak tidak termasuk kedua-duanya berarti kaki kita termasuk jenis kaki normal.

Jika kita sudah tahu jenis atau tipe telapak kaki kita maka akan lebih gampang untuk memilih sepatu yang pas dan sehat untuk kaki kita.
All for one and one for all, semboyan ini tidak berlaku untuk sepatu olahraga walau kenyataannya banyak orang yang menerapkannya. Alas an untuk menghemat yang membuat kebanyakan dari kita memilih satu sepatu olahraga untuk melakukan beberapa jenis olahraga.
Padahal satu sepatu belum tentu bisa digunakan untuk beberapa jenis olahraga ( apalagi semua). Sebab , aktivitas yang dilakukan dalam setiap olahraga tidak selalu sama. Jadi kita perlu menggunakan sepatu yang berbeda sesuai dengan jenis olahraganya. Misalnya dalam fitness kita lebih sering bergerak statis di dalam ruangan dengan alat-alat. Sementara dalam tenis kita harus sering berlari ke kanan dan ke kiri atau ke depan maupun ke belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

zodiak

Zodiak
Zodiak dan shio
year
Month
Day
Sun Sign:
Chinese Sign: